AKREDITASI A
Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta
Pendidikan Usia Dini 4-6 Tahun
Kelompok Bermain in Numbers
Pelajar Aktif
Pegawai
Alumni
Prestasi
Since 1999
PROFILE
Kurikulum yang digunakan adalah kreatif kurikulum yang memadupadankan kurikulum nasional dan kurikulum kekhasan satuan yang dicetuskan oleh pendiri Madrasah Istiqlal Ibu Hj. Nibras Dr. Salim dari hasil studi dan penelitiannya di Creative Pre-School Tallahassee, Florida, Amerika Serikat. Metode yang digunakan adalah menggunakan Sentra atau Beyond Center dan Circle Times. Metode tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan tiga jenis main sebagai modal belajar anak usia dini yaitu main sensorimotor, main pembangunan, dan main peran yang dijalankan secara terpadu dan terukur sesuai dengan tahap-tahap perkembangan anak yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter dengan nilai-nilai kehidupan beragama Islam.
Kelompok bermain dan Raudhatul Athfal Istiqlal merupakan salah satu pencetus metode sentra di Indonesia, maka tidak heran sejak tahun 2002 hingga saat ini sering menerima kunjungan studi banding dan magang dari berbagai daerah di Indonesia, baik dari kalangan sekolah Islam, sekolah umum maupun sekolah yang dikelola oleh agama-agama lainnya.
Tenaga Pendidik & Tenaga Kependidikan
Geser ke kiri/kanan atau gunakan tombol untuk melihat semua guru.








🏆 Achievement Table
Competitions | Rank / Reward | Categories | Year |
---|---|---|---|
National Science Olympiad | 1st Place | Science | 2023 |
Math International Challenge | Gold Medal | Mathematics | 2022 |
Debate Championship | 2nd Place | Language | 2021 |
Robotics Fest | Finalist | Technology | 2024 |
Art Innovation Contest | Winner | Art | 2020 |
- Visi
- Misi
- Kurikulum
- Program Unggulan
- Profile Lulusan
- Ekstrakulikuler
- Fasilitas
- Sentra
- Tujuan
TERWUJUDNYA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERKARAKTER, MANDIRI, PRIMA DAN BERWAWASAN GLOBAL
- Mengamalkan nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini yang berintikan pada 6 (enam) rukun iman, 5 (lima) rukun islam dan ihsan.
- Memakmurkan Masjid Istiqlal sebagai tempat kegiatan pendidikan dan menjadi contoh dalam pengembangan pendidikan nasional.
- Mengembangkan sikap kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan budaya Nasional.
- Melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar berbasis sains, informasi dan teknologi.
- Menerapkan program bilingual (dua bahasa) dalam proses pembelajaran.
- Mengembangkan sistem pendidikan yang bermutu sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
KB Istiqlal mengembangkan sistem pembelajaran “Belajar melalui Bermain dengan Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran”.
Dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran KB Istiqlal Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk berfikir saintifik, aktif, kreatif dan parsipatif, yang terfasilitasi dalam kegiatan disetiap sentra-sentra atau di berbagai kegiatan yang mendukung.
- Hafalan Suroh -suroh pendek (Mulai dari suroh Al-Fatihah- Al-A’laa + Ayat Kursiyy)
- Pengenalan Huruf Hijaiyyah dengan Metode Tilawati
- Pengenalan gerakan dan bacaan sholat
- Senandung Asmaul Husna
- ACHI (Aksi Cilik Hafidz/Hafidzah Cilik)
- Khotmul Qur’an
- Hafalan Hadits aplikatif
- Mengenalkan kisah-kisah Nabi
- Pengenalan permainan tradisional
- Peringatan Hari Besar Islam dan Nasional
- Pentas Seni
- Program Parenting Bulanan
- Festival Budaya
- Entreupreunirship Cilik
- Kunjungan Tema
- Sains Day
- Lagu- lagu Tema ciptaan Guru-Guru RA
- Kosakata 4 bahasa ( Indonesia, Arab, Inggris dan Daerah)
- Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) dari bahan dasar limbah (loose part)
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT sejak dini
2. Mampu menghafal surah QS. Al-Fatihah s.d Al-Ghasiyah
3. Berkarakter Islami
4. Terbiasa peduli terhadap sesama
5. Sopan santun dalam berbahasa
6. Cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri
- Merupakan kegiatan dalam rangka menyalurkan minat dan bakat anak. Dilakukan setiap hari jum’at dalam kegiatan “Jum’at Ceria”. Adapun kegiatan yang dilakukan pada saat jum’at ceria antara lain:
- Menari
- Da’i dan da’iah cilik
- Hafidz-Hafidzah
- Adzan
- Bermain alat musik angklung dan ansamble
- Makan siang
- Ruangan ber-AC
- APE ter-standar
- Sentra bermain indoor dan outdoor
- Perpustakaan
- Klinik Masjid
- Daycare
Saat ini Sentra-sentra yang di sediakan di RA Istiqlal ada 10 Sentra antara lain :
1. Sentra Ibadah
2. Sentra Main Peran
3. Sentra Balok
4. Sentra Bahan Alam
5. Sentra Olah Tubuh
6. Sentra Persiapan
7. Sentra Seni
8. Sentra Memasak
9. Sentra Musik
10. Sentra Al-Qur’an
Tujuan Umum
- Membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi masa depan sejak dini untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.
- Mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlakul mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Khusus
Meletakkan dasar-dasar perkembangan anak melalui empat pilar pendidikan; learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dilaksanakan melalui pendekatan learning by playing, belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuh-kembangkan keterampilan hidup (life skills) sejak dini.
Seragam Harian









