Kurikulum Nasional
Santri IBS mengikuti dan memperoleh pelajaran umum sesuai standar pendidikan nasional, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Informatika, serta mata pelajaran umum lainnya sebagai bekal akademik dan kompetensi dasar abad ke-21.
IBS
Marhalah Tsanawiyah - Marhalah I'dadiyyah
Istiqlal Boarding School (IBS) berkomitmen mencetak kader umat yang beriman, berilmu, berkarakter, serta siap menjadi pemimpin bangsa dan dunia.
Istiqlal Boarding School (IBS) resmi berdiri pada tahun 2023 atas arahan dan bimbingan langsung Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar, MA. Keberadaan IBS merupakan wujud nyata dari cita-cita beliau untuk menghadirkan lembaga pendidikan yang memadukan kekuatan tradisi pesantren dengan keunggulan sistem pendidikan modern, sehingga mampu melahirkan generasi santri yang berilmu, berakhlak, dan berwawasan global.
IBS berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Madrasah Istiqlal, KH. Mochammad Taufiqurrahman SQ., MA., Nomor 1/2/2023. Sejak awal, IBS dirancang sebagai lembaga pendidikan berjenjang dengan orientasi kurikulum kepesantrenan yang kokoh, serta visi untuk menjadi pusat pendidikan Islam unggulan yang berdaya saing internasional.
Pada tahap awal berdirinya, IBS membuka program Marhalah Idadiyyah untuk tingkat MTs dan MA. Sistem pembelajaran diselenggarakan dengan model Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mulai Jumat sore hingga Sabtu Sore, sehingga para santri dapat merasakan kehidupan berasrama secara bertahap.
Kurikulum difokuskan pada penguatan dasar-dasar keilmuan Islam, tahfidzul Qur’an, bahasa Arab, serta disiplin keilmuan pesantren klasik sebagai pondasi pendidikan lanjutan.
Memasuki tahun berikutnya, IBS mengembangkan program Marhalah Tsanawiyah (Full Boarding) pada jenjang Madrasah Aliyah (MA). Sistem pembelajaran dijalankan secara penuh dari Senin hingga Jumat dengan kurikulum yang dirancang setara dengan Al-Azhar Kairo, Mesir.
Model pendidikan ini diorientasikan agar santri memiliki kualitas akademik dan keilmuan yang unggul, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga relevan dengan standar pendidikan Islam internasional.
Dengan semangat pembaharuan dan keberlanjutan tradisi keilmuan, Istiqlal Boarding School terus meneguhkan diri sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen mencetak kader umat yang beriman, berilmu, berkarakter, serta siap menjadi pemimpin bangsa dan dunia.
Kurikulum Istiqlal Boarding School (IBS) dirancang secara komprehensif dengan mengadopsi tiga pilar kurikulum utama yang saling terintegrasi, guna membentuk santri yang unggul secara akademik, kokoh dalam keilmuan Islam, serta berwawasan internasional.
Santri IBS mengikuti dan memperoleh pelajaran umum sesuai standar pendidikan nasional, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Informatika, serta mata pelajaran umum lainnya sebagai bekal akademik dan kompetensi dasar abad ke-21.
IBS menerapkan sistem asrama (boarding) dengan penguatan pendidikan karakter dan spiritual. Santri mempelajari Al-Qur’an, dirosah Islamiyyah, serta kitab-kitab klasik pesantren sebagai fondasi keilmuan Islam yang mendalam.
Kurikulum ini menggunakan beberapa buku diktat resmi dari Ma’had Al-Azhar Al-Syarif, Kairo – Mesir, guna membekali santri dengan standar keilmuan Islam internasional dan kesiapan melanjutkan studi ke level global.
Program unggulan Istiqlal Boarding School (IBS) dirancang untuk membentuk santri yang unggul dalam keilmuan Al-Qur’an, kokoh dalam pemahaman Islam, berkarakter kuat, serta mampu berinteraksi di tingkat nasional dan global.
Pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil (tahsin) serta program hafalan Al-Qur’an (tahfidz) yang terstruktur dan berkelanjutan.
Pendalaman ilmu-ilmu keislaman melalui kajian kitab dan materi keilmuan Islam yang sistematis sesuai tradisi pesantren.
Pembentukan akhlak, kedisiplinan, kepemimpinan, serta tanggung jawab sosial sebagai fondasi karakter santri.
Penguatan kemampuan bahasa Arab dan Inggris dalam aktivitas akademik dan keseharian santri di lingkungan asrama.
Program pengabdian masyarakat sebagai sarana penerapan ilmu, pembinaan empati, serta penguatan peran santri di tengah kehidupan sosial.
Lulusan Istiqlal Boarding School (IBS) dipersiapkan untuk menjadi insan yang beriman, berilmu, berkarakter, serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi agama, bangsa, dan peradaban dunia.
Memiliki akhlak mulia yang tercermin dalam sikap, perilaku, dan keseharian, berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam.
Mempunyai pemahaman Islam yang moderat, inklusif, serta menjunjung tinggi nilai Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.
Memiliki keterampilan yang tinggi, penguasaan ilmu yang luas, serta kesiapan menghadapi tantangan global di berbagai bidang.
Mampu mengaplikasikan ilmu dan keterampilan untuk memberi manfaat nyata bagi agama, bangsa, negara, serta masyarakat dunia.
Kegiatan ekstrakurikuler di Istiqlal Boarding School dirancang untuk mengembangkan minat, bakat, keterampilan, serta karakter santri melalui kegiatan yang terarah dan berkelanjutan.
Selasa, Kamis & Jumat • 15.30 – 17.00 WIB
Senin • 15.30 – 17.00 WIB
Program pembelajaran keterampilan teknologi dan logika pemrograman sebagai bekal kompetensi digital santri.
Istiqlal Boarding School menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran dan pengembangan santri secara menyeluruh, guna menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan berkualitas.
Menyediakan berbagai buku, majalah, dan materi bacaan untuk menunjang kegiatan membaca dan riset siswa. Setiap kelas juga memiliki pojok baca.
Digunakan untuk pertemuan besar, presentasi, pertunjukan seni, serta berbagai acara sekolah.
Dikelola oleh Madrasah Istiqlal, menyediakan makanan ringan dan minuman bagi siswa.
Ruang terbuka hijau yang nyaman untuk beristirahat, interaksi sosial, dan aktivitas ringan santri.
Sistem CCTV terpasang untuk memantau aktivitas dan menjaga keamanan lingkungan sekolah.
Area parkir tersedia untuk kendaraan guru, staf, serta pengunjung.
Ruang khusus untuk persiapan mengajar dan kolaborasi antar guru.
Kantor kepala sekolah untuk kegiatan administrasi dan pertemuan resmi.
Jadwal KBM Istiqlal Boarding School disusun secara terstruktur untuk menyeimbangkan ibadah, pembelajaran akademik, serta penguatan karakter santri.
15.30 – 16.15 Tahfidz I
16.15 – 17.00 Ta’limul Muta’allim
17.00 – 20.00 Mandi, Shalat, Makan
20.00 – 20.45 Hadis Arbain Nawawi
04.00 – 05.00 Qiyamullail & Subuh
05.00 – 06.30 Tahsinul Qira’ah
06.30 – 08.00 Sarapan, Olahraga, Mandi
08.00 – 08.45 Tahfidz I
08.45 – 09.30 Fikih Syafi’i
09.30 – 10.00 Dhuha & Istirahat
10.00 – 10.45 Tafsir Jalalain
10.45 – 11.30 Tahfidz II
11.30 – 13.00 Istirahat, Shalat, Makan
13.00 – 13.45 Bahasa Arab
13.45 – 14.30 Aqidatul Awwam
14.30 – 15.30 Shalat Ashar & Kulim (Muhadharah)
15.30 – 16.15 Tahfidz IV
16.15 – 16.30 Bersih-bersih Asrama
16.30 – 17.00 Kepulangan Santri
Assessment Istiqlal Boarding School dilaksanakan untuk memetakan kemampuan akademik, keislaman, serta kesiapan calon santri dan orang tua dalam mengikuti sistem pendidikan boarding school.
Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik serta evaluasi hafalan yang telah dimiliki calon santri.
Tes membaca dan pemahaman dasar terhadap kitab kuning sebagai indikator kesiapan kepesantrenan.
Penilaian kemampuan speaking untuk mengukur komunikasi dasar dalam bahasa Inggris.
Pengujian pengetahuan umum dan agama sebagai gambaran kesiapan akademik calon santri.
Wawancara langsung untuk menilai motivasi, karakter, dan kesiapan mengikuti pendidikan boarding.
Wawancara untuk menyamakan visi pendidikan antara sekolah dan orang tua calon santri.
Minimal 2 Jam
(Seragam 6 set)
Buku pelajaran, kunjungan studi, media pembelajaran, pendidikan manasik haji, perkemahan Sabtu–Ahad, LDKS, ekstrakurikuler, dan program pendukung lainnya.
(SPP & Makan)
Sesuai dengan surat Komite dan dibayarkan pada bulan Agustus
Mata pelajaran umum sesuai standar pendidikan nasional sebagai penunjang kompetensi akademik santri.
| Nama Siswa | Prestasi / Penghargaan | Bidang / Kompetisi | Tahun |
|---|---|---|---|
| Bisma Ali Akbar | Juara Terbaik 2 Musabaqoh Hadist Hafalan 500 Hadist | Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXVIII Tingkat Kota Jakarta Timur | 2024 |
| Naizar | Juara 1 | Kejuaraan Jakarta Nasional Pencak Silat | 2024 |
| Annisa Putri Purnomo | Juara 1 | Kejuaraan Jakarta Nasional Pencak Silat | 2025 |
| Luki | Juara 2 | Kejuaraan Pekan Olahraga Jakarta Pusat | 2025 |
| Bisma Ali Akbar | Juara 2 | Kejuaraan Jakarta Nasional Pencak Silat | 2024 |
| Restu Tri Nurrahim | Peraih Medali Perak | Kompetisi Nasional Pelajar Indonesia (KNPI) - Lingkar Studi Cendikia | 2024 |
| Nadira Citra Olifia | Juara 3 | Geografi Terintegrasi - Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI) Tingkat Jakarta Pusat | 2025 |
| Restu Tri Nurrahim | Juara 3 MHQ | Event 8 Mission 2025 - Perlombaan tingkat SMA/Sederajat Se-Jabodetabek (SMAN 8 Jakarta) | 2025 |










